Jalur Pendakian Gunung Carstensz Pyramid

Jalur Pendakian Gunung Carstensz PyramidCarstensz Pyramid atau Puncak Jayawijaya merupakan salah satu dari 7 gunung tertinggi (seven summit) di dunia. Carstensz Pyramid terletak di Papua Barat, Indonesia, dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl, pada titik koordinat S 04°04.733 dan E 137°09.572. Carstensz Pyramid, sering disebut dengan Carstensz saja, adalah puncak tertinggi mewakili lempeng benua Australia-Oceania.

Ke-6 gunung lain yang termasuk dalam seven summit, yang mewakili 6 kawasan benua lainnya adalah: Gunung Everest, Asia (8.848 mdpl); Kilimanjaro, Afrika (5.885 mdpl); Elbrus, Eropa (5.642 mdpl); Aconcagua, Amerika Selatan (6.962 mpdl); McKinley (Denali), Amerika Utara (6.670 mdpl), dan Vinson Massif, Antartika (5.535 mdpl).

Sebagai salah satu top seven summit dunia, Carstensz menjadi impian para pendaki tingkat dunia. Setidaknya, 300 pendaki dari luar Indonesia, datang setiap tahun mendaki Carstensz Pyramid. Diperkirakan, jumlah pendaki akan menjadi tiga kali lipat lebih apabila jalur pendakian melalui Tembagapura via kawasan PT Freeport, dibuka.

Sebenarnya, ada berapakah jalur pendakian ke Gunung Carstensz Pyramid?

Jalur Pendakian Gunung Carstensz Pyramid via PT Freeport

via pt freeport bukan jalur umum pendakian
(img detik.com)

Inilah jalur paling populer dan ideal! Populer dan ideal, karena jika berhasil mendapatkan ijin melintas, maka hampir pasti kamu akan mendapatkan sejumlah keuntungan, di antaranya: Dapat memanfaatkan mess di perusahaan tambang ini selama beberapa hari, sebagai awal aklimatisasi. Setelah itu, moda transportasi milik PT Freeport Indonesia, yakni helikopter yang akan mengantar kamu langsung ke basecamp, yaitu di Lembah Danau-Danau, dapat digunakan free.

Sayangnya, jalur ini belum dibuka untuk umum. Lantaran itulah sangat sulit mendapatkan akses ke sini; Sejumlah pengurusan perijinan harus dilalui para pendaki dengan tanpa kepastian. Hanya mereka yang beruntung, yang dapat melalui jalur ini.

 

Baca juga: 5 Alasan Kamu Harus Mendaki Carstensz Pyramid   

 

Oya, harap diketahui, Lembah Danau-Danau itu berada pada ketinggian 4200 mdpl, dengan suhu mencapai 1 derajat Celcius bahkan kadang di bawah itu. Selain hiportemia, Acute Mountain Sickness (AMS), sering dialami para pendaki di titik ini.

Jalur Pendakian Gunung Carstensz Pyramid via Sugapa-Ugimba-Carstensz

trekking berat menguji para pendaki casrtensz pyramid
trekking berat menguji para pendaki casrtensz pyramid (img detik.com)

Jalur Sugapa-Ugimba-Carstensz dilalui dengan trekking. Melalui jalur ini kamu akan melintasi beberapa sungai, seperti Sungai Kemabu dan Sungai Nabu; Sungai Kemabu mempunyai arus yang deras.

sungai ugimba papua
sungai ugimba papua (img travellink-indonesia.com)

Jalur ini adalah jalur yang berat. Berat, karena selain harus mengarungi sungai tanpa tali pengaman, hutan belantara, serta padang maha luas, akan dilalui. Maka itu, mental dan fisik pendaki akan diuji di sini. Hampir pasti pendaki akan melintasi jalur ini dalam keadaan hujan. Di wilayah ini, hujan turun hampir tiap hari.

Jalur Pendakian Gunung Carstensz Pyramid via PT Freeport via Sugapa Ugimba Carstensz
(img carstenszpyramidexpedition.com)

Ugimba adalah desa yang berada dalam Distrik Sugapa. Sama seperti  jalur pendakian via Freeport, melalui jalur ini para pendaki akan menuju ke Lembah Danau-Danau terlebih dahulu. Jika berhasil tiba di basecamp ini, para pendaki biasanya akan membuat tenda, dan selama 2 hingga 3 hari melakukan aklimatisasi sembari berlatih mendaki beberapa tebing terdekat.

basecamp lembah danau danau
basecamp lembah danau danau (img mediaindonesia.com)

Sebelum mencapai Lembah Danau-Danau, terdapat sejumlah pos pendakian yang biasanya dipakai para pendaki untuk beristirahat. Salah satu pos yang cukup terkenal karena diapit oleh dua tebing di kanan-kiri, yakni Pos Somatua. Pos ini berada pada ketinggian 4.000 mdpl. Biasanya, di subuh hari, butiran-butiran salju akan turun dan terlihat jelas di pos ini.

Jika berjalan lancar, pendakian via jalur ini setidaknya akan memakan waktu 2 minggu (bahkan lebih) pergi-pulang.

Berani untuk mendaki Carstensz Pyramid? Pastikan kamu tidak mendaki seorang diri. Ini bukan mendaki gunung-gunung di Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan NTB. Kamu harus mendaki dalam rombongan, dan mesti diguidens oleh operator pendakian profesional.

 

 

Comments

Leave a Reply