5 Alasan Kamu Harus Mendaki Carstensz Pyramid

5 Alasan Kamu Harus Mendaki Carstensz Pyramid – Jika kamu seorang pendaki gunung sejati dan penyuka tantangan ekstrim, mendaki Carstensz Pyramid (Puncak Jayawijaya) adalah keniscayaan! Sekali dalam hidup yang singkat ini, kamu harus menapakkan kaki pada puncak tertinggi di kawasan Australia-Oceania ini.

Sebagai pendaki gunung sejati, inilah 5 alasan kamu harus mendaki Carstensz Pyramid (Top Reason for Climbing the Carstensz Pyramid):

1. Gunung Tertinggi di Lempeng Benua Australia-Oceania

Adalah kebanggaan dan kepuasan yang tak dapat diwakilkan dengan sederet kata, jika kamu dapat menaklukkan Puncak Jayawijaya ini. Puncak Carstensz yang masih ditutupi salju abadi ini merupakan salah satu gunung elite di dunia. Elite, karena gunung ini termasuk dalam seven summit dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Enam gunung lainnya adalah: Gunung Everest, Asia (8.848 mdpl); Kilimanjaro, Afrika (5.885 mdpl); Elbrus, Eropa (5.642 mdpl); Aconcagua, Amerika Selatan (6.962 mpdl); McKinley (Denali), Amerika Utara (6.670 mdpl), dan Vinson Massif, Antartika (5.535 mdpl).

Kendati menjadi gunung yang lebih rendah dibanding 6 gunung lainnya, Gunung Carstensz Pyramid merupakan gunung tertinggi di lempeng benua Australia-Oceania—karena itulah, gunung ini wajib didaki para pendaki profesional yang ingin disebut sebagai The Seven Summiteer; Mereka tidak dapat disebut demikian, jika belum menaklukkan Carstensz.

Kamu tak harus menjadi The Seven Summiteer, sebagaimana pendaki profesional tingkat dunia, tetapi kebetulan Carstensz berada di Indonesia, maka taklukkanlah gunung ini sekali dalam hidup!

2. Gunung Bersalju yang Memungkinkan Didaki

masih ada tumpukan salju di carstensz pyramid
(img flickr.com)

Jika kamu seorang pendaki yang biasa mencapai puncak-puncak gunung di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Nusa Tenggara Barat, yang tidak bersalju di puncaknya, maka mencapai Carstensz menjadi sangat istimewa. Istimewa, karena kendatipun bukanlah padang salju (gletser) yang maha luas, jika kamu beruntung, setidaknya masih dijumpai tumpukan salju di puncak Carstensz. Nah, kapan lagi mendaki puncak gunung bersalju?  

3. Waktu Pendakian yang Lama

butuh 14 hari untuk mendaki carstensz pyramid
(img todayifoundout.com)

Jika sejumlah gunung tertinggi di Indonesia dapat dicapai dalam waktu kurang dari seminggu saja, puncak Carstensz membutuhkan waktu minimal 14 hari trekking, bahkan lebih. Dan jika mendaki puncak-puncak tertinggi di Jawa tidak membutuhkan banyak aklimatisasi ketinggian, di Carstensz hal ini mutlak dilalui.

Berhasil-tidaknya mencapai puncak Carstensz, ikut bergantung pada hasil proses aklimatisasi. Jika gagal aklimatisasi, itu berarti gagal pula mencapai salah satu puncak dalam deretan puncak Pegunungan Jayawijaya ini.  

Lamanya waktu pendakian tersebut, tak cuma menguji fisik tetapi juga mental. Maka, membutuhkan persiapan fisik setidaknya tiga bulan sebelum memutuskan mendaki Carstensz—mental pun wajib dalam kondisi bagus dalam hal ini, guna menopang fisik prima yang sudah dipersiapkan. Dengan kata lain, mendaki Carstensz berarti wajib berdisiplin latihan beberapa bulan sebelumnya.

 

Baca juga: Berapa Biaya Mendaki Carstensz Pyramid?

 

4. Bertaruh Nyawa Jika Aklimatisasi Gagal

Salah satu alasan kamu harus mendaki Carstensz Pyramid terletak pada tingkat resikonya yang teramat besar!

Jika kamu berhasil menapakkan kaki di puncak Carstensz, dan kembali pulang dengan selamat, maka itu berarti kamu ‘lolos dari lubang maut’. Disebut demikian, karena tidak sedikit yang gagal, bahkan jauh sebelum summit attack (usaha mencapai puncak); Mereka harus pulang dalam kondisi acute mountain sickness dan hiportemia. Bahkan, ada pula pendaki yang hanya pulang nama.  

5. Skill Level Intermediate dan Advanced

Mengapa Mendaki Carstensz Pyramid
(img johanernst.com)

Mendaki Carstensz berarti menjadi pendaki profesional. Menjadi pro karena gunung ini bukan untuk pendaki pemula; Bukan pula untuk pendaki yang tidak disiplin mempersiapkan diri; dan bukan untuk pendaki cemen.

Skill Level Intermediate dan Advanced adalah kelas untuk gunung ini. Kamu harus bisa menguasai tekhnik Rapelling, Jumaring dan Rock Climbing agar dapat mencapai puncak Carstensz.

Jadi sekali lagi, alasan kamu harus mendaki Carstensz Pyramid, salah satunya hendak menempatkan kelas kamu sebagai pendaki profesional. Terkait ini, sejumlah The Seven Summiteer Indonesia, bermula mendaki Carstensz, sebelum mencapai 6 puncak gunung tertinggi di dunia lainnya.

Itulah 5 Alasan Kamu Harus Mendaki Carstensz Pyramid sekali dalam hidup, bila kamu seorang pendaki gunung sejati dan petualang olahraga ekstrim. Jika kamu bernyali dan siap lahir-batin, hubungi kami, operator pendakian Carstensz Pyramid terbaik dan paling berpengalaman di Indonesia.

Sampai berjumpa di trip Carstensz Pyramid selanjutnya!

 

Comments

Leave a Reply